Jumat, 10 Januari 2014


 Menyebut kata kota Yogyakarta pasti yang terbesit adalah Malioboro, Kraton Jogja, bakpia dan pantai Parangtritis. Padahal, berbicara soal wisata sebetulnya Yogyakarta memiliki banyak potensi. Bahkan, beberapa diantaranya lokasi wisata yang populer.

     Kali ini, masih dalam rangka tugas kantor liputan jalan-jalan daerah dengan tema menyajikan sisi lain dari Yogyakarta. Salah satunya daerah yang bernama Gunung Kidul menjadi lokasi yang ingin dieksplorasi. Gunung Kidul adalah sebuah kabupaten yang letaknya ke arah tenggara dari pusat kota Yogyakarta.
     Menuju Gunung Kidul membutuhkan waktu kira-kira 1 jam perjalanan, dengan jarak tempuh sekitar 40 km. Kombinasi jalan berkelok, dan tanjakan dibumbui hutan di beberapa spot membuat perjalanan sangat menarik.
     Setelah melalui beberapa kota, akhirnya Wonosari menjadi persinggahan kita yang pertama. Wonosari adalah sebuah Kecamatan yang menjadi ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Kota ini bersih, dan suasananya begitu tenang. Sudah tidak sabar untuk mengeksplorasi wisata di seputar sini. Yuk kita lihat ada apa saja.
Fotografer : Anang 'Kembon' Hidayat


 Goa Pindul




     Menurut informasi. Di seputar kota Wonosari, tepatnya 7 km ke arah utara terdapat sebuah goa yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata Gunung Kidul. Namanya Goa Pindul.
     Wisata Goa Pindul ini sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Di sini, terdapat beberapa sekretariat yang bisa menjadi pilihan. Beraneka ragam kegiatan wisata telah tersedia. Dari wahana outbound, camping area, rafting, hingga off road dengan menggunakan Jeep. Di sini juga tersedia home stay bagi mereka yang ingin bermalam.
     Dulunya, Goa Pindul ini digunakan masyarakat sekitar untuk berburu sarang burung walet. Tapi sudah 2 tahun terakhir ini, lokasi tersebut resmi dijadikan obyek wisata. Untuk menyusuri Goa Pindul terlebih dahulu harus menggunakan peralatan seperti pelampung dan menggunakan ban sebagai transportasinya.
     Goa Pindul memiliki panjang 350m dan lebar sekitar 5 m. Sedangkan mata air di dalam goa ini memiliki kedalaman bervariatif antara 5-12 meter. Di dalam goa kita akan melihat sebuah stalagtit dan stalagmit yang terlihat begitu indah. Belum lagi, 50 meter sebelum ujung keluar, kita akan melihat sebuah lubang menyerupai sumur. Dari sinilah sinar matahari masuk ke dalam goa sehingga membuat pemandangan menjadi sangat indah.












Kuliner

     
Sampai di Gunung Kidul, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner dan mencari oleh-oleh. Sebenarnya, berbicara soal Gunung Kidul ada kuliner khas daerah ini. Yakni belalang goreng. Tapi kebetulan kuliner ini bagi sebagian orang termasuk makanan ekstrem. Jadi, kita putuskan untuk melewatinya.
Kami dan teman-teman tertarik untuk mencicipi kuliner lain yang tidak kalah menarik. Selain belalang yang unik di Gunung Kidul ini makanan khas rata-rata berbahan dasar singkong. Paling populer adalah Gatot dan Tiwul. Di salah satu toko yang menyediakan oleh-oleh khas Gunung Kidul inilah kami mencicipi menu Gatot dan Tiwul. Sesuatu yang jarang ditemui di kota lainnya.

Surganya Pantai
     Memang benar. Pantai di Jogjakarta tidak hanya Parangtritis saja. Ingin menikmati pantai dengan nuansa yang berbeda, bisa dibilang Gunung Kidul adalah surganya. Banyak pantai yang eksotis di sini. Bahkan, puluhan pantai baru yang masih belum dikenal juga tidak kalah indahnya. Hamparan pantai di Gunung Kidul inilah menjadi destinasi terakhir kami. 
     Untuk menuju ke pantai, dari kota Wonosari kita akan menempuh jarak sekitar 25-30 km ke arah selatan. Tercatat ada 31 pantai yang sudah terdaftar di dinas pariwisata (Lihat Tabel). Semuanya terletak di sepanjang Pantai Selatan yang masuk di wilayah Kabupaten Gunung Kidul.
     Menariknya, letak antara pantai yang satu dengan lainnya sangat berdekatan. Sekitar 2-4 km. Dan   untungnya, akses jalan raya menuju lokasi sudah sangat bagus. Ditambah lagi pemandangan sepanjang jalan yang sangat indah.









Daftar Pantai
1. Pantai Bekah
2. Pantai Gesing
3. Pantai Nguyahan
4. Pantai Ngobaran
5. Pantai Ngrenehan
6. Pantai Baron
7. Pantai Kukup
8. Pantai Sepanjang
9. Pantai Watu Kodok
10. Pantai Drini
11. Pantai Sarangan
12. Pantai Krakal
13. Pantai Sadranan
14. Pantai Ngandong
15. Pantai Sundak
16. Pantai Somandeng
17. Pantai Pulang Sawal (Indrayanti)
18. Pantai Watulawang
19. Pantai Pok Tunggal
20. Pantai Seruni
21. Pantai Ngetun
22. Pantai Timang
23. Pantai Jogan
24. Pantai Nglambor
25. Pantai Siung
26. Pantai Wediombo
27. Pantai Jungwok
28. Pantai Sadeng
29. Pantai Ngusalan
30. Pantai Greweng
31. Pantai Sedahan


     
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

4 komentar:

  1. Surganya Pantai,,,
    foto yg no.2 dari atas itu di pantai mana ya mas? #mupeng

    BalasHapus
  2. Makasih udah mampir di blog saya mbak noveria...sori baru sempat balas...itu pantai sepanjang..di situ letak pantai satu dgn lainnya jaraknya berdekatan...

    BalasHapus
  3. Foto tepi pantai yang di dalam goa, itu di pantai mana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @allchussna : makasih udah mampir, itu pantai Drini. udah ada di daftar tabel, Untuk bisa sampai di goa, harus tanya warga sekitar. Karena posisinya tersembunyi..okee.

      Hapus