Minggu, 29 Desember 2013


 Pulau Bali. Tidak salah jika disebut pulau dewata, bahkan ekstremnya lagi tak jarang banyak yang mengatakan ini adalah surga dunia. Pesona alam serta kultur budaya telah menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan. Hal inilah salah satu yang melatarbelakangi pulau Bali menjadi daya tarik wisata berkelas dunia.
Salah satu tebing buatan sebelum masuk pantai
    
 Bali memang terkenal dengan pantai-pantai. Tidak terhitung berapa banyak pantai yang mengitari Pulau ini. Di antara pantai-pantai yang pupuler dan menjadi icon seperti Kuta, masih banyak lagi pantai lain terus terkuak. Seperti yang sedang menjadi buah bibir saat ini adalah pantai Pandawa.
     Baru-baru ini, Pantai Pandawa dibuka sebagai obyek wisata baru yang menjadi andalan pulau Bali. Ane, menjadi salah satu yang penasaran. Pantai yang terletak di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan masuk Kabupaten Badung ini masih satu jalur dengan kawasan Nusa Dua. Apalagi, adanya tol baru di Bali ini membuat transportasi menjadi lebih lancar dan semakin mudah menjangkau lokasi ini.
     Dulunya, sebelum diberinama pantai Pandawa pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Secret Beach. Karena letak dan akses menuju pantai ini benar-benar tersembunyi dan sulit ditembus. Pantai ini tersembunyi di balik bukit batu sehingga jarang wisatawan yang datang ke sini.
Tebing indah ini menjadi ciri khas pantai Pandawa
  
   Biasanya, yang tahu tempat ini adalah wisatawan mancanegara yang suka surfing. Tapi, ketika pemerintah daerah mengendus potensi di pantai ini, gebrakan besar dilakukan. Tentu, akses jalan menjadi skenario awal yang harus dibuat. Karena, keberadaan jalan mutlak sangat penting untuk membuat sebuah daerah menjadi lebih maju. Karena, jika point ini sudah terpenuhi. Bukan tidak mungkin para investor akan berbondong berdatangan mendirikan usaha di tempat ini.
Patung yang terpasang pada tebing ini,
bukan sosok salah satu tokoh pandawa
     Gebrakan besar yang dilakukan adalah membelah bukit batu ini sedemikian rupa sehingga bisa terbentuk jalaen. Salah satu daya tarik lokasi ini selain pantainya yang bersih, adalah pemandangan sepanjang jalan. Dari saat memasuki area, kita sudah disuguhi dengan keindahan batuan yang dibelah tersebut.
     Apalagi, saat akan sampai di pantai. Para seniman patung berhasil memasang beberapa karya seni pahat berukuran besar di dinding bukit yang terbelah tadi. Tidak jauh jarak antara pintu gerbang hingga pantai. Hanya berjarak sekitar 1-2 km saja. Tapi, bahwa pantai ini benar-benar digarap dengan serius bisa terlihat ketika kita memasuki area pantai.
     Dari lokasi parkir yang memadahi, toilet, dan kaki lima telah ditata dengan rapi. Bahkan, sudah tampak restoran yang menandakan para investor sudah melirik lokasi ini.
     Hamparan pasir pantai yang masih putih bersih, dipadu dengan airnya yang juga jernih tampak biru membuat pantai ini bisa menyuguhkan sisi lain dari Bali. Pandawa bisa memberikan reverensi lain tentang wisata di Bali. Sekarang kita tidak hanya berbicara soal pantai Kuta, kawasan Legian, Uluwatu, Nusa Dua, Dreamland, Tanjung Benoa dan lain-lain.
     Karena ombaknya tenang, di pantai Pandawa ini juga terdapat persewaan perahu karet. Hanya 15 ribu saja kita sudah bisa berkeliling di pinggiran pantai Pandawa ini. Jika ingin sekedar makan makanan ringan, sudah tersedia kaki lima di sepanjang pantai. 


So..enjoy the beach guys...


 

Suasananya masih sepi, cocok untuk liburan keluarga

Panda sudah mencuri perhatian wisatan asing maupun domestik

Lautnya tenang, so kita bisa menyusur pantai dengan  menyewa kano ini seharga15 ribu saja

Tempat jajanan dan souvenir sudah berjajar rapi

Sepintas suasananya mirip dengan pantai Kuta, tapi di sini lebih cozy

Kombinasi pantai pasir putih dan bukit

Menikmati laut dengan sensasi yang berbeda

Wisatawan asing juga menikmati pantai yang tenang ini

    

0 komentar:

Posting Komentar